ESTIMASI BIAYA MAKAN DI KAMPUNG INGGRIS


Pertanyaan tentang biaya hidup di Pare adalah salah hal yang sering menjadi pertanyaan bagi mereka yang punya rencana belajar bahasa inggris di Pare, terkhusus makanan. Bagi saya, makanan disini  sangat murah. Tentu saja ! Makanan termasuk sangat murah apalagi untuk saya yang berasal dari bagian Timur Indonesia. Jika dibandingkan daerah asal saya, Palu, murahnya bisa 3 kali lipat dari harga disini. Nah, untuk kalian yang ingin berkunjung ke Pare. Saya ingin berbagi cerita yang mungkin bisa membantu teman-teman untuk  mendapatkan gambaran murahnya biaya makan di Kampung Inggris.

Biaya makan di Kampung Inggris berkisar 15K hingga  20K per hari. Jumlah itu adalah  hitungan 3 kali makan per hari, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam. Kalian perlu ketahui, sekali makan umumnya akan menghabiskan 5K-7K tergantung pada pilihan menu. Harganya bervariasi, jika memilih lauk berupa sayur dan tahu tempe atau telur biasanya harganya sekitar 5K, jika lauk yang kita pilih sayur dan ayam atau ikan (umumnya ikan lele, ikan laut ada juga namun tak sebanyak ikan lele) atau tambahan campuran menu lainnya maka kita hanya perlu membayar sekitar 7K-an. Sebenarnya harga 7K kita udah bisa makan dengan porsi yang lumayan dan enak.

Gimana, murahkan? Iya itu memang murah, tapi, bagi saya, jika masih bisa dapat  makanan  dengan biaya yang lebih murah, why not ?! Kata seorang teman saya adalah orang paling perhitungan yang pernah dia temui setelah sebulan berada di Kampung Inggris ini. Wkwkwk. Harap maklum karena saya harus mengatur keuangan dengan baik agar bisa bertahan sesuai target. 

OK. Jika kamu ingin dapat yang lebih murah lagi kamu bisa masak sendiri. Tapiiii, jangan protes dulu..memang, orang-orang yang tujuannya kursus biasanya tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak apalagi harus ke pasar dulu untuk nyari bahan masakan. Jangankan ke pasar dan masak kadang waktu istirahat saja cukup singkat. Masak ditengah kesibukan saya rasa adalah hal yang akan diabaikan oleh kebanyakan orang, kecuali mereka yang ahli dalam manajemen diri dan waktu. Yaps.

Berikut ini adalah alternatif yang bisa menjadi pilihan. Pertama, kamu hanya perlu membeli beras dan masak nasi sendiri. Masaknya pake apa? Biasanya setiap camp atau kost menyediakan alat masak dan makan yang bisa digunakan untuk semua. Harga beras per kilo adalah 9K-10K. Biasanya per kilo akan cukup untuk 7 hari (tapi ini relatif sih, tergantung porsi makan juga, tapi kalau saya biasanya yaa seperti ini). Anggaplah untuk nasi per hari menghabiskan 1.5K. Selanjutnya, kamu bisa beli sayur masak seharga 2K, lauk berupa tempe tahu 2K, atau kalau kamu pengen ayam atau ikan (umumnya ikan lele sih)  atau lauk lainnya,  kamu bisa membeli seharga 5K. Nah menu-menu ini cukup untuk 3 kali makan. Totalnya sehari kita hanya mengeluarkan 10.5K. Kita bisa hemat antara 4.5K hingga 9.5K. Nah, ini bisa kamu gunakan untuk Oiya kamu juga bisa membeli buah. Buah biasanya ada yang sudah dikemas dengan harga 1K, cukuplah untuk memperlancar pencernaan. Plus kamu bisa juga membeli susu sebagai penambah energi. Namun, tetap saja, kalau bisa masak lauk sendiri akan lebih hemat sekitar 2K lagi. Tapi harus diingat ini masih makan pokoknya, gak termasuk jajannya. Kalau jajan ceritanya akan lain lagi. 

Nah, sudah punya gambaran belum tentang biaya makan di Pare? Murah kan. Semoga hal ini bisa bermanfaat. Kurang lebih seperti itu gambaran umumnya. Oiya, perhitungan diatas semua diangkat dari pengalaman pribadi. Bisa jadi setiap orang punya hitungan yang berbeda-beda tergantung anggaran yang sudah disediakan. Selamat mempersiapkan diri dan sampai jumpa di Kampung Inggris ! 😎😎

0 comments

It's nice to see you !