IYF 2014 WAKATOBI, INILAH EVENT PERTAMA SAYA (BAGIAN I)

Event Indonesia Youth Forum  alias IYF 2014 Wakatobi merupakan event sekaligus  pengalaman pertamaku  mengikuti forum pemuda nasional. Alhamdulillah, ini menjadi pengalaman berharga yang tak akan kulupakan dalam hidupku. Akhirnya aku mampu bersanding menyamai teman-teman yang telah mengikuti berbagai forum-forum nasional.  Selama ini aku banyak melihat kakak-kakak senior di kampus yang mengikuti berbagai macam forum-forum nasional maupun internasional. Aku ingin seperti mereka. Kalau mereka bisa kenapa aku tidak?.  Aku bertekad untuk mencapai keinginan tersebut. Bertanya kpd senior tentang tips dan trik agar bisa seperti mereka juga kulakukan termasuk membaca buku seputar motivasi sukses berkarya. Kesimpulann yang kudapat yaitu, modal utama yang harus kita miliki adalah Percaya Diri, Kemauan, Usaha dan Do’a. Nah, setelah mendapat kata kunci aku lansung memulai Action, saatnya hunting event. Ketemuu!!, perhatianku  tertuju pada tulisan yang berwarna biru, yang bertuliskan  INDONESIA YOUTH FORUM 2014   WAKATOBI SULAWESI TENGGARA dengan background pantai dan lautan yang sangat eksotis.

 

Wissh, kebetulan selama ini aku beberapa kali sempat mendengar dan membaca mengenai Wakatobi. Nama Wakatobi diambil dari gabungan nama 4 pulau di Wakatobi yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal dengan taman wisata bawa lautnya dan termasuk dalam pusat segitiga karang dunia. Ini kesempatan yang bagus. Kubaca satu per satu persyaratan yang ada. Salah satu persyaratannya adalah memiliki social project. Rencana Allah memang Indah, saat itu aku tengah tergabung dalam sebuah komunitas sosial Rumah Bahari Gemilang alias RUBALANG. Rubalang merupakan komunitas peduli pendidikan pesisir dengan Visi Indonesia Cerdas Indonesia Gemilang. Tanpa ragu-ragu aku langsung apply formulir pendaftarannya. Tibalah waktu pengumuman seleksi. Aku dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dan dilanjutkan ke tahap interview. Aku termasuk dalam tahapan interview #3. Yah, tinggal selangkah lagi. Aku terus memaksimalkan persiapan sebelum interview. Hingga akhirnya, jadwal interview telah tiba. Aku menarik napas dalam-dalam lalu kemudian mengangkat telepon. Sekitar 2 minggu berlalu, akhirnya aku terpilih sebagai peserta IYF 2014 di Wakatobi. Perasaanku campur aduk antara haru dan bahagia. Terharu karena akhirnya aku bisa dan bahagia karena hal ini merupakan pengalaman  pertama bagiku untuk terhubung ke Nusantara.


Siapa sih yg gak senang ketika dinyatakan lolos seleksi? Tentu pada senangkan. Tak cukup sampai disitu sahabat. Masalah yang kemudian muncul yaitu pendanaan yang masih kurang. Aku beberapa kali sempat berpikir keras bagaimana cara untuk memperoleh dana transportasi. Akhirnya kuputuskan untuk mengajukan permohonan dana ke pihak birokrasi kampus. Alhamdulillah, setelah  melewati proses yang cukup panjang jerih payahku terbayar juga. Pihak birokrasi kampus memberikan pendanaan untuk transportasi dari dan ke Wakatobi.

Sahabat hidup itu pilihan. Setiap pilihan punya resiko. Siap memilih berarti siap untuk menerima resiko. Aku memutuskan untuk memilih memperjuangkan apa yang telah menjadi impianku selama ini dan resikonya aku harus mampu keluar dari zona nyaman. Dari sini aku belajar banyak hal. Aku belajar bagaimana mengatur waktu meski kadang ada juga yang kurang sesuai dengan yang seharusnya, belajar sabar dan mengendalikan emosi dan belajar memanfaatkan waktu untuk selalu produktif. Oh iya satu hal lagi, aku jadi dikenal di tataran birokrasi kampus sehingga memudahkan akses untuk memperoleh pelayanan dan informasi kampus. Oh iya meskipun pasca kegiatan aku tak memperoleh kesempatan untuk mengikuti MID TEST sehingga nilai salah satu mata kuliah dapat nilai Cukup, itu tak lantas menyurutkan niatku untuk terus berkarya. Emang sempat galau juga sih, bahkan pernah muncul pikiran untuk gak mau ikutan forum sepeerti ini lagi tapi kembali ku bermuhasabah ternyata banyak pelajaran yang bisa kedapatkan. Aku jadikan hal ini sebagai motivasi agar kedepan lebih mampu menjadi lebih baik lagi. Apalah arti nilai Cukup dengan pelajaran yang lebih berharga yang tak semua orang berkesempatan mendapatkannya. Aku berhasil terhubung ke nusantara.

0 comments

It's nice to see you !